News Detail
Jika Tol Ditutup buat Dilewati Sepeda, Angkutan Logistik Terganggu?

Vadhia Lidyana, Detik.com, Sabtu 05 September 2020

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang mengkaji usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait road bike atau sepeda balap dapat melintas di Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok sisi barat setiap hari Minggu pukul 06.00-09.00 WIB.

Menurut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, jika pesepeda nantinya bisa melintas di jalan tol maka ada pertimbangan kuat jalan tol tersebut harus ditutup. Pasalnya, berdasarkan peraturan perundang-undangan pengguna jalan tol adalah roda empat ke atas, dan tak bisa dicampur dengan sepeda.

Namun, pertimbangan itu masih didiskusikan oleh sejumlah stakeholder terkait. Lantas, jika Jalan Tol lingkar dalam Jakarta itu harus ditutup, apakah operasional kendaraan logistik terganggu?

Merespons itu, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldi Ilham Masita mengatakan operasional kendaraan logistik tak akan terganggu karena pada Minggu pagi aktivitas logistik cenderung sepi.

"Kalau kegiatan dilakukan pada hari Minggu pagi memang dampaknya pada angkutan logistik tidak ada. Karena hari Minggu kegiatan di pelabuhan dan kawasan industri memang sepi," ujar Zaldi ketika dihubungi detikcom, Sabtu (5/9/2020).

Selain itu, masih ada akses lain yang bisa dilalui kendaraan logistik jika jalan tol harus ditutup. "Ada akses lain yaitu melalui JORR atau Jalan Tol Cakung," kata Zaldi.

Ia pun setuju jika jalan tol bisa digunakan sementara oleh pesepeda. Namun, ia menegaskan harus ada regulasi sehingga pengguna moda kendaraan lain seperti sepeda motor tak akan meminta akses ke jalan tol.

"Tapi jangan sampai juga membuat pe-hobi yang lain cemburu dan minta hal yang sama seperti motor gede (moge), mungkin mereka juga akan minta akses untuk masuk tol," tutur Zaldi.

 

Sumber:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5161360/jika-tol-ditutup-buat-dilewati-sepeda-angkutan-logistik-terganggu

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved