News Detail
Pengusaha Logistik Rugi Miliaran Rupiah, Imbas Penjemputan Habib Rizieq Buat Pengiriman Ngaret

Gilang Pranajasakti, Pikiran-rakyat.com, Selasa 10 November 2020

PR CIREBON -  Imbas dari penjemputan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) membuat akses menuju Bandara Soekarno Hatta lumpuh total hingga maskapai penerbangan dan pengusaha logistik rugi puluhan miliar rupiah.

Lantaran jutaan orang memadati sekitar Bandara Soekarno Hatta hingga menutup akses tol sejak pagi hingga selesai penjemputan HRS.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Zaldy Ilham mengatakan besarnya nilai kerugian tersebut karena rata-rata barang yang dikirim melalui udara adalah barang bernilai tinggi dan bersifat mendesak.

Penumpang yang terganggu penerbangannya sehingga pihak maskapai harus merescadule atau refund serta banyak pagawai di lingkungan bandara yang tidak bisa masuk bekerja.

"Kerugian cukup besar bisa sampai puluhan miliar karena pengiriman lewat udara biasanya untuk barang-barang yang high value dan urgent," kata Zaldy Ilham Masita, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari RRI.

Dia menjelaskan, kerugian tersebut berupa kompensasi yang harus dibayarkan oleh penyedia jasa logistik kepada pelanggan atas keterlambatan barang.

"Kerugian berupa pembayaran claim ke konsumen karena keterlambatan pengiriman," ungkap Zaldy.

Dirinya menyebutkan, barang yang dikirim ke pelanggan mundur satu hari imbas lumpuhnya akses keluar-masuk Bandara Soetta hari ini. Itu terdampak tertundanya jadwal penerbangan pesawat.

"Delay sampai satu hari penuh karena mundur semua jadwal penerbangan," tambah Zaldy.

Sebelumnya, akses keluar-masuk Bandara Soetta macet parah dipenuhi massa simpatisan penjemput Imam Besar Fron Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab dari Arab Saudi.

Alhasil, jalur lalulintas serta penerbangan terganggu dan distop mulai pukul 03.00 dini hari hingga pukul 11.00 malam hari.

Diketahui HRS berangkat dari Arab Saudi pada 9 November 2020 dan tiba di Indonesia pada pagi hari, 10 November 2020. Kepulangannya bertepatan dengan hari pahlawan dan disambut oleh jutaan umat muslim.***

 

Sumber:

https://cirebon.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-04940187/pengusaha-logistik-rugi-miliaran-rupiah-imbas-penjemputan-habib-rizieq-buat-pengiriman-ngaret

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved