News Detail
Hadapi Kelangkaan Kontainer Ekspor, Ini Solusi Asosiasi

Rinaldi Mohammad Azka, Bisnis.com, Selasa 8 Desember 2020 

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menilai dalam menghadapi kelangkaan kontainer ekspor, perlu kerja sama perusahaan pelayaran internasional dan negara mitra dagang Indonesia.

Ketua Umum ALI Zaldy Ilham Masita menuturkan kontainer terbatas terjadi di seluruh dunia karena belum pulihnya perdagangan dunia sebagai dampak pandemi Covid-19 sehingga terjadi ketidakberimbangan aliran kontainer secara internasional.

"Untuk mengatasi perlu kerjasama dengan shipping lines internasional dan juga negara-negara mitra dagang Indonesia. Untuk Indonesia, kelangkaan kontainer lebih parah karena ekspor dan impor kita tidak berimbang dalam memakai kontainer," ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (8/12/2020).

Dia menjelaskan terutama ketidakseimbangan terjadi pada aktivitas ekspor, karena sebagian besar ekspor Indonesia adalah bahan baku atau energi yang tidak memakai kontainer, tapi impor mayoritas adalah kontainer.

Dengan demikian, selama 6 bulan impor berkurang drastis karena pandemi mengakibatkan stok kontainer menjadi menepis di Indonesia, sehingga ekspor yang memakai kontainer sulit mendapatkan kontainer kosong.

Zaldi menjelaskan saat ini eksportir harus melakukan negosiasi ulang dengan pembeli karena kenaikan biaya kirim akibat kelangkaan kontainer kosong. Tambahan biaya ini ditanggung oleh pembeli atau penjual, menjadi negosiasi kedua belah pihak.

"Kejadian ini tidak hanya menimpa Indonesia, dan kapal kontainer perlu membawa muatan bolak balik ke suatu negara atau daerah agar biayanya efisien, Jadi tidak bisa ada kapal kontainer hanya membawa kontainer ekspor dari Indonesia ke China misalnya tapi dari China ke Indonesia tidak ada sama sekali kontainer impor," ungkapnya.

Dia menegaskan masalah kekurangan kontainer ini akan selesai bergantung pulihnya ekonomi dunia dan mulai terjadinya keseimbangan baru aliran kontainer dalam perdagangan internasional.

 

Sumber:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20201208/98/1328230/hadapi-kelangkaan-kontainer-ekspor-ini-solusi-asosiasi

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved