News Detail
Ini Strategi Agar Indonesia Tidak Mengalami Kelangkaan Kontainer Kosong

Rinaldi Mohammad Azka, Bisnis.com, Rabu 9 Desember 2020 

Bisnis.com, JAKARTA - Kelangkaan kontainer kosong untuk kebutuhan ekspor menjadi pelajaran Indonesia untuk mulai memaksimalkan industri pengolahan dalam negeri. Dengan demikian, dalam jangka panjang Indonesia dapat menjadi hub internasional.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita menuturkan kunci agar Indonesia tidak kekurangan kontainer adalah dengan menjadikan pelabuhan di Indonesia sebagai hub internasional. Sementara itu, kendala utama Indonesia menjadi hub internasional karena secara umum impor dan ekspor yang belum seimbang.

"Jadi selama 6 bulan impor berkurang drastis karena pandemi mengakibatkan stok kontainer menjadi menepis di Indonesia, dan saking tipisnya sehingga ekspor yang memakai kontainer susah mendapatkan kontainer kosong," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (9/12/2020).

Menurutnya ketika hasil alam Indonesia diolah di dalam negeri dan menjadi barang jadi model pengirimannya akan berubah dari yang terbiasa ekspor menggunakan tongkang menjadi kontainer.

Dia mencontohkan ekspor nikel menggunakan tongkang, sementara ketika sudah menjadi baterai, diekspor menggunakan kontainer. Dengan bertambahnya muatan ekspor kontainer Indonesia keseimbangan antara kontainer ekspor dan impor dapat terjadi.

"Sebelum kelangkaan, lebih banyak kontainer impor daripada ekspor, jadi membuat perusahaan pelayaran harus menanggung biaya reposisi kontainer kosong dari Indonesia ke luar negeri, makanya Indonesia tidak bisa menjadi hub internasional," paparnya.

Padahal terangnya, saat ini kontainer kosong banyak menumpuk di hub-hub internasional dan tidak bisa dibawa ke Indonesia karena impor yang masih rendah. Dia menegaskan dengan mengubah Indonesia menjadi hub internasional maka kelangkaan kontainer dapat dihindarkan.

"Jadi semakin cepat Indonesia melakukan hilirisasi mineral dan hasil SDA lainnya, semakin berimbang kontainer yang dipakai untuk ekspor dan impor. Ujungnya, Indonesia dapat menjadi hub internasional," urainya.

 

Sumber:

https://ekonomi.bisnis.com/read/20201209/98/1328879/ini-strategi-agar-indonesia-tidak-mengalami-kelangkaan-kontainer-kosong

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved