News Detail
Pengusaha Buka Ruang Beri \'Harga Khusus\' Angkut Vaksin Corona

cnnindonesia.com, Selasa, 12 Januari 2021

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengusaha logistik membuka ruang untuk memberikan harga angkut khusus dalam distribusi vaksin corona. Ruang itu diberikan bila mereka dilibatkan pemerintah dalam proses distribusi vaksin.

"Perhitungan komersial tidak bisa dipakai karena program vaksin gratis sangat penting bagi Indonesia untuk bisa pulih dari krisis covid-19 ini," ucap Ketua Asosiasi Logistik (ALI) Zaldy Ilham Masita kepada CNNIndonesia.com, Selasa (12/1).

Ia menolak harga khusus itu disebut sebagai diskon.

"Yang penting distribusi vaksin bisa berjalan lancar dan biaya operasional bisa dicover," katanya.

Meski demikian, ia mengatakan harga khusus tersebut nantinya diberikan dengan syarat, permintaan pengangkutan tidak dilakukan secara mepet alias mendadak.

"Jangan sampai salah perhitungan dan merasa bisa handle sendiri, tapi sebenarnya kapasitasnya kurang dan baru saat akhir baru meminta bantuan dari pihak swasta," imbuhnya.

Kesanggupan sama juga disampaikan Ketua DPP Asosiasi Pemilik Kapal Nasional Indonesia (Indonesian National Shipowners Association/INSA) Carmelita Hartoto. Ia menyatakan asosiasinya siap memberi bala bantuan pemerintah untuk mendistribusikan vaksin ke daerah, terutama yang melalui jalur pelayaran.

"Sebenarnya diperlukan moda transportasi yang cepat, tepat, dan aman, yakni transportasi udara. Namun kalau diminta untuk tujuan yang tidak bisa melalui udara, tentu saja kami siap mendukung," ujar Meme, sapaan akrabnya.

Meski siap, Carmelita dan Zaldy mengatakan hingga saat ini mereka belum diajak berkomunikasi oleh pemerintah soal distribusi vaksin itu. Mereka menduga pemerintah masih berupaya mengandalkan peran BUMN dalam distribusi vaksin.

 

"Selama ini pemerintah cukup tertutup untuk masalah distribusi vaksin, jadi mungkin sudah bisa diatasi distribusi vaksin sampai 400 juta ke seluruh Indonesia kurang dari satu tahun," ujarnya.

Pemerintah akan mulai program vaksinasi corona Rabu (13/1) besok. Untuk melaksanakan itu, mereka sudah mulai mendistribusikan vaksin corona ke 34 propinsi.

Agar berjalan lancar, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah akan meminta bantuan sektor swasta. Kebutuhan pemerintah, ia menyebut angkutan logistik yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin.

Pasalnya, fasilitas pendingin ini, menurut Budi, lebih kompleks dari perkiraan pemerintah sebelumnya. (uli/agt)

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210112133324-92-592617/pengusaha-buka-ruang-beri-harga-khusus-angkut-vaksin-corona

 

 

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved