News Detail
Asosiasi Logistik Indonesia Sosialisasikan Kode Etik Ahli Logistik

ALI Secretariat

(Jakarta, 20/02) - Kode etik profesi menjadi tools yang sangat penting sebagai sarana kontrol sosial untuk menjaga martabat dan kehormatan profesi, serta melindungi masyarakat dari segala bentuk penyimpangan dan penyalahgunaan keahlian. Karena itulah sebagai organisasi profesi, Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) berkepentingan menerbitkan Kode Etik Ahli Logistik bagi anggota Asosiasi Logistik Indonesia sesuai Surat Keputusan Asosiasi Logistik Indonesia No. 045/ALI/XI/2020 tanggal 12 Desember 2020..

Kode Etik Ahli Logistik ini disusun oleh Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) yang diketuai Ketua Dewan Pakar ALI, Dr. Nofrisel, SE, MM, CSLP, ESLog. Beliau mengatakan, keberadaan Kode Etik Ahli Logistik ini sangat penting bagi pelaku bidang logistik untuk memenuhi tanggungjawab profesionalnya serta melindungi kepentingan publik.

Ketua Umum ALI, Zaldy Ilham Masita menyatakan bahwa, Kode Etik Ahli Logistik ini berlaku dan mengikat bagi seluruh anggota ALI. Setiap anggota berkewajiban menaati dan melaksanakan Kode Etik Ahli Logistik yang telah ditetapkan oleh organisasi secara konsekuen. 

Sosialisasi Kode Etik telah dilakukan untuk pengurus ALI Pusat dan ALI Chapter Millenial, dan ke depannya akan dilaksanakan ke seluruh Chapter ALI yang melibatkan seluruh anggota ALI. Ketua Umum ALI mengharapkan dukungan seluruh anggota untuk mensosialisasikan Kode Etik ini agar seluruh anggota ALI dapat memahami prinsip dasar dalam menjalankan tanggungjawab profesinya.

Saat ini dalam Kode Etik Ahli Logistik Asosiasi Logistik Indonesia belum termuat sanksi bagi para anggota yang tidak menerapkan kode etik ini. Namun, tanggung jawab moral dan profesi menuntut anggota ALI supaya dapat turut serta menerapkan kode etik dalam kegiatannya sehari-hari. Dengan etika profesi yang dijaga, diharapkan profesionalitas kerja para anggota terpelihara dan turut meningkatkan produktivitas kerja, serta kinerja operasional perusahaan. Pada akhirnya, turut berkontribusi untuk mensejahterakan SDM Logistik Indonesia dan menurunkan biaya logistik di Indonesia.

Kode Etik Ahli Logistik Asosiasi Logistik Indonesia dapat dibaca secara online atau diunduh melalui link: https://tinyurl.com/kodeetikali


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved