News Detail
Pengusaha Protes Kenaikan Tarif Pelabuhan Priok Saat Ekonomi Susah

Muhammad Idris, Kompas.com, Kamis 15 April 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku usaha mengajukan keberatan atas kebijakan PT Pelindo II (Persero) atau IPC menaikkan sejumlah pos tarif di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ini karena kenaikan tarif dinilai tidak sejalan dengan upaya pemerintah untuk menekan biaya logistik dari 23,5 persen menjadi 17 persen pada 2024.

Selain itu, pengenaan tarif baru untuk biaya penumpukan (storage) dan biaya pengangkatan kontainer ke truk (lift-on) tersebut dipandang kontraproduktif terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dilakukan pemerintah.

"Kenaikan sejumlah pos tarif hingga 39 persen dibandingkan tarif lama, ini akan berdampak langsung pada peningkatan biaya logistik," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan Rico Rustombi dilansir dari Antara, Kamis (15/4/2021).

Rico menuturkan kenaikan tarif di pelabuhan juga akan berdampak luas ke berbagai sektor usaha yang terkait. Hal ini dikarenakan posisi pelabuhan sebagai lini penghubung kegiatan produksi dan perniagaan.

Perubahan skema tarif di pelabuhan, dengan demikian tidak hanya berdampak pada sektor logistik, tapi juga pada sektor industri, kegiatan ekspor-impor hingga konsumen.

"Kenaikan biaya tersebut dapat berdampak pada peningkatan biaya bahan baku industri, peningkatan harga jual barang jadi, dan penurunan daya saing industri nasional secara umum," kata dia.

Selain itu, Rico berpendapat momentum kenaikan tarif kali ini kurang tepat. Pasalnya, kondisi perekonomian masih negatif, walaupun sudah mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Baca juga: Besaran Gaji Kurir Shopee Express 2021 dan Cara Mendaftarnya

"Karena itu kenaikan biaya tersebut kontraproduktif terhadap dukungan berupa stimulus dan insentif yang digelontorkan pemerintah melalui program PEN yang telah banyak membebani keuangan negara," lanjut Rico.

Senada, Ketua Harian Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto menilai kebijakan tersebut diambil dengan langkah komunikasi dan sosialisasi yang minim.

Ia berpendapat seharusnya para pemangku kepentingan sektoral terlibat dalam urun rembug sebelum skema tarif baru dikeluarkan.

"Jumlah asosiasi terkait sebagai pengguna dan pelaku kegiatan logistik yang diajak bicara terkait rencana kenaikan tarif sangat minim," ungkap dia.

Mahendra menguraikan kenaikan tarif yang terjadi mencakup biaya penumpukan (storage) berbasis waktu (hari) dan ukuran (20 kaki dan 40 kaki). Kenaikan pada setiap pos tarif berkisar antara 7 persen sampai 39 persen.

Selain itu, terdapat kenaikan biaya pengangkutan kontainer ke truk (handling/lift-on).

"Untuk handling kontainer ukuran 20 kaki naik dari Rp 187.500 menjadi Rp 285.500. Sedangkan untuk ukuran 40 kaki naik dari tarif lama Rp 281.300 menjadi Rp 428.250," rincinya.

Mahendra berharap IPC dan kementerian terkait bisa mengevaluasi kebijakan tersebut. Hal itu lantaran skema tarif baru tersebut tidak hanya membebani dunia usaha, tetapi juga akan berdampak langsung pada sektor-sektor lainnya yang berujung pada terhambatnya pemulihan ekonomi nasional yang tengah terpukul oleh pandemi Covid-19.

Pada kesempatan terpisah, Benny Soetrisno, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI) juga menyatakan keberatannya.

"Kami tidak melihat urgensi maupun manfaat menaikkan tarif tersebut. Sementara di sisi lain sudah jelas akan menambah beban biaya logistik yang harus ditanggung oleh pengusaha," jelas Benny.

"Ini bagaikan jatuh tertimpa tangga, di saat umumnya pengusaha repot berusaha bertahan menghadapi pandemi malah dibebani dengan kenaikan biaya logistik," ujar Benny lagi.

 

 

Sumber:

https://money.kompas.com/read/2021/04/15/060131926/pengusaha-protes-kenaikan-tarif-pelabuhan-priok-saat-ekonomi-susah?page=all.

 


Back to List

14 Jun 2021

Gara-gara Preman, Pengusaha Terpaksa Melegalkan Pungli

Vento Saudale, beritasatu.com, Minggu 13 Juni 2021

14 Jun 2021

Pengusaha: Pungli di Tanjung Priok Sudah Terjadi Sejak Lama

Emir Yanwardhana, Cnbcindonesia.com, Jumat 11 Juni 2021

14 Jun 2021

Kacau! Pungli Mendarah Daging, Pengusaha Sentil Satgas Pungli

Emir Yanwardhana, Cnbcindonesia.com, Jumat 11 Juni 2021

10 Jun 2021

Pak Jokowi! Ada Masalah Serius yang Hambat Ekspor RI Nih

Emir Yanwardhana, Cnbcindonesia.com, Selasa 8 Juni 2021

08 Jun 2021

Masyarakat hingga Pemda Keluhkan Banyaknya Truk ODOL

Liputan6.com, Senin 7 Juni 2021

08 Jun 2021

Transportasi Pengaruhi Biaya Logistik hingga 40 Persen

Rahmi Yati, Bisnis.com, Senin 7 Juni 2021

08 Jun 2021

Eksportir Teriak, Kenaikan Biaya Angkut Kontainer Gila-Gilaan

Emir Yanwardhana, Cnbcindonesia.com, Senin 7 Juni 2021

19 May 2021

Kalangan Usaha yang Tak Mampu Gelar Vaksinasi Gotong Royong Butuh Solusi

Hendriyo Widi, Kompas.com, Selasa 18 Mei 2021

18 May 2021

ALI: SNI Palet Umum Penting untuk Logistik Indonesia

Rahmi Yati, Bisnis.com, Senin 17 Mei 2021

18 May 2021

Tak Terpengaruh Larangan Mudik, Arus Logistik Melonjak Hingga 60 Persen

Athika Rahma, Liputan6.com, Minggu 16 Mei 2021

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved