News Detail
Asosiasi Logistik Indonesia: PPKM Darurat Hilangkan Pungli, Tapi Arus Distribusi Merosot 50 Persen

Seno Tri Sulistiyono, tribunnews.com, Kamis 15 Juli 2021

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Logistrik Indonesia (ALI) menyebut penerapan PPKM Darurat tidak menghambat jalur distribusi logistik di wilayah Jabodetabek, meski saat ini dilakukan perluasan penyekatan hingga 100 titik.

Ketua Umum ALI Mehendra Rianto mengatakan, kendala distribusi logistik hanya terjadi saat awal PPKM Darurat diterapkan, karena adanya penutupan sejumlah ruas jalan di perbatasan wilayah.

"Pada awal saja, tanggal 3, 4, dan 5 Juli kemarin. Setelah itu, kemana-mana jalan kosong dan distribusi jadi lebih cepat," papar Kamis (15/7/2021).

Menurutnya, sejumlah aturan PPKM Darurat seperti surat tanda registrasi pekerja (STRP), test PCR, maupun sertifikat vaksinasi, tidak menjadi kendala bagi perusahaan logistik selama ini.

"Tapi jadi ada biaya tambahan saja untuk karyawan maupun drivernya untuk PCR," ucap Mahendra.

Mahendra menyebut, PPKM Darurat juga membuat pungutan liar atau pungli yang biasanya dilakukan preman di jalan menjadi tidak ada.

"Pungli berkurang, mungkin takut juga sama virus. Biasanya ke Jakarta Utara, ke pelabuhan itu bisa Rp 100 ribu satu truk, ada pungli di luar pelabuhan dan di dalam pelabuhan, tapi selama PPKM Darurat jadi tidak ada pungli," paparnya.

"Kalau bukan di pelabuhan, sekitaran Jabodetabek per truk punglinya bisa kisaran Rp 50 ribu sampai Rp 75 ribu. Ini hanya Jabodetabek saja, kalau di luar itu beda lagi," sambung Mahendra.

Meski memperlancar distribusi dan menghilangkan pungli, kata Mahendra, PPKM Darurat telah menekan pendapatan perusahaan logistik, karena secara volume pengiriman berkurang hingga 50 persen.

"Sekarang itu hanya industri esensial yang bisa gerak, di luar esensial berhenti. Seperti elektronik, furniture itu berhenti, tidak ada orang yang beli juga. Jadi peredaran barang berkurang hampir 50 persen," tutur Mahendra.

 

Sumber:

https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/07/15/asosiasi-logistik-indonesia-ppkm-darurat-hilangkan-pungli-tapi-arus-distribusi-merosot-50-persen.

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved