News Detail
Ramai-ramai Tarif Tol Naik Tahun Ini, Pengusaha Menjerit

Emir Yanwardhana, cnbcindonesia.com, Kamis 16 Juni 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak ruas tol yang direncanakan melakukan penyesuaian tarif pada tahun ini, setidaknya diprediksi menjangkau 30 ruas. Pengusaha logistik pun merespons dan mengeluhkan besaran ongkos kirim yang akan semakin terbebani.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Riyanto mengatakan, ongkos logistik RI masih sangat mahal dibanding negara lain. Dimana masih 24% terhadap PDB Indonesia, dan komponen paling besar terhadap ongkos logistik merupakan biaya transportasi mencapai 40%.

"Kalau (ongkos) transportasi naik, dia berkontribusi terhadap biaya logistik besar sekali," kata Mahendra kepada CNBC Indonesia, Kamis (16/6/2022).

Mahendra mengetahui dalam aturan jalan tol, tarif harus dievaluasi setiap dua tahun sekali. Namun sampai saat ini ongkos kirim darat juga masih banyak yang enggan masuk melalui jalan tol karena mahal.

Sehingga jika harga tol semakin mahal tentunya angkutan logistik darat akan mencari jalur alternatif yang dianggap lebih murah.

"Buktinya truk gak sanggup lewat situ, makan di rest area juga mahal. Seharusnya cari cara untuk peningkatan okupansi jalan tol dulu, ini dulu dinaikin. dan gimana tol ini murah lalu banyak yang lewat dulu deh harusnya," kata Mahendra.

Senada, Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan juga berharap tarif tol saat ini jangan dinaikkan. Terlebih kondisi industri yang masih dalam pemulihan pascapandemi.

"Tarif tol ini sebaiknya jangan naik-naik terus lah, tingkatkan dulu pelayanan," katanya kepada CNBC Indonesia.

Untuk diketahui setidaknya sudah ada 30 ruas tol yang direncanakan dilakukan penyesuaian pada tahun ini. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit beberapa waktu lalu di Kantor Kementerian PUPR.

"Tahun ini akan banyak ada 30 ruas yang akan mengalami tariff adjustment, jadi bertahap kita evaluasi kita siapkan soal penataan Standar Pelayanan Minimum," jelas Danang.

Meski sampai saat ini dia belum memperinci ruas mana saja yang akan mengalami penyesuaian tarif, namun tol itu berada di Jawa maupun luar jawa. Yang mengikuti tingkat inflasi daerah.

 

Sumber:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220616154014-4-347728/ramai-ramai-tarif-tol-naik-tahun-ini-pengusaha-menjerit

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved