News Detail
Belajar di Politeknik, Tingkatkan Kompetensi SDM Industri Logistik

Detik.com, Jumat 3 Maret 2023

Jakarta - Pesatnya laju perkembangan e-commerce saat ini tidak terlepas dari peran pemain logistik sebagai industri utama pendukung sistem rantai pasok perdagangan online. Itu sebabnya, kondisi ini menjadi iklim yang subur bagi pertumbuhan industri logistik.

Sistem logistik dengan kualitas dan kuantitas yang memadai serta terintegrasi akan membangkitkan iklim bisnis. Hal ini akan mendorong kelancaran pergerakan barang, dengan biaya yang efisien dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian. Efisiensi dan efektivitas dalam sistem logistik hanya dapat terwujud bila didukung sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang logistik yang mumpuni.

 

Kompetensi SDM Logistik di Indonesia Masih Tertinggal

Ketua Asosisiasi Logistik Indonesia (ALI) Chapter Banten, Sri Witjaksono mengatakan SDM di bidang logistik yang kompeten dan profesional diperlukan untuk mendukung kinerja logistik dalam pengelolaan rantai pasok perusahaan. Kinerja logistik ini akan mempengaruhi daya saing produk agar bisa bersaing di dalam maupun luar negeri.

"Ketertinggalan SDM Indonesia dalam bidang logistik lebih karena dua faktor, yakni kualitas dan speed. Sumber daya manusia yang bekerja pada bidang logistik umumnya karena kebutuhan perusahaan dan bukan karena membangun kompetensinya dari awal," ungkap Sri.

Direktur Eksekutif Supply Chain Logistics Center (SCLC) M. Ikrar Pramadi menambahkan adanya kesenjangan yang cukup lebar antara program pendidikan dan pelatihan yang ada pada institusi perguruan tinggi dengan dunia usaha yang membutuhkan SDM di bidang logistik menjadi tantangan besar yang terjadi pada proses logistik di Indonesia.

"Kompetensi SDM logistik diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi logistik Indonesia. Pengembangan SDM menjadi kunci utama dalam mendorong kemajuan logistik dan rantai pasok nasional," ujar Ikrar.

 

Politeknik Jadi Kunci Peningkatan Kompetensi SDM Industri Logistik

Menjawab tantangan dunia logistik saat ini, Program Studi Logistik Niaga Elektronik atau yang lebih dikenal sebagai Jurusan e-Commerce Logistics di Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) bekerja sama dengan ALI Chapter Banten dan SCLC. Fokus kerja sama di bidang akademik ini dalam rangka menyiapkan SDM di bidang logistik yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

"Dengan mengintegrasikan kegiatan pembelajaran di MNP dengan berbagai kegiatan di bidang logistik, seperti program mengajar bersama praktisi kunjungan industri bersama ALI Banten dan SCLC diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga lebih siap menghadapi dunia industri di masa depan," ujar Ketua Program Studi e-Commerce Logistics MNP Dewi Hajar.

MNP, ALI Chapter Banter, dan SCLC melakukan seremoni penandatanganan Memorandum of Agreement (MoU) bersama pada Senin (27/2), bertempat di Nusantara Theatre, Kampus MNP, Tangerang. Kerja sama ini menekankan pada simbiosis mutalisme untuk meningkatkan kompetensi SDM di industri logistik Indonesia melalui pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Sumber:

https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6598287/belajar-di-politeknik-tingkatkan-kompetensi-sdm-industri-logistik.

 

 


Back to List

16 Feb 2024

Pilpres Satu Putaran, Asosiasi Logistik Indonesia Berpegang Teguh Pada Outlook 2024

Sabrina Rhamadanty, Kontan.co.id, Kamis 15 Februari 2024

01 Feb 2024

Poros Penghubung Logistik Timur

Nugroho Nafika Kassa, Bisnis Indonesia, Kamis 1 Februari 2024

30 Jan 2024

Harga Produk Bisa Naik Akibat Konflik Laut Merah, YLKI: Jangan Bebankan ke Konsumen

Dimas Andi, Kontan.co.id, Senin 29 Januari 2024

29 Jan 2024

Konflik Laut Merah Dongkrak Tarif Logistik, Harga Produk bakal Naik

tribunnews.com, Minggu 28 Januari 2024

29 Jan 2024

INSA Sebut Ongkos Logistik ke Eropa Naik 65% Akibat Konflik di Laut Merah

Rashif Usman, Kontan.co.id, Minggu 28 Januari 2024

25 Jan 2024

Konflik di Laut Merah, Distribusi Komoditas Impor Berpotensi Terdampak

Vendy Yhulia Susanto, Kontan.co.id, Rabu 24 Januari 2024

24 Jan 2024

3 Aspek Penting Dalam Pelayanan di Industri Logistik

Banu Adikara, Jawapos.com, Selasa 23 Januari 2024

22 Jan 2024

Sepanjang 2023, KAI Logistik Raup Pendapatan Rp 1,1 Triliun

Ichsan Emrald Alamsyah, Republika.co.id, Minggu 21 Januari 2024

19 Jan 2024

Bagaimana Tren Pergudangan Tahun 2024?

M. Ubaidillah, Swa.co.id, Kamis 18 Januari 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved