News Detail
Kemenko Perekonomian Luncurkan Program Lokakarya Logistik Perkotaan

Skalanews.com, Kamis 4 Agustus 2016

Skalanews - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meluncurkan program lokakarya logistik perkotaan, guna mendalami persoalan-persoalan logistik agar membantu efisiensi produk ekspor dan produk asal perdesaan yang dijual ke kota.

 

"Kami mungkin agak terlambat, tapi harus memulai untuk mendalami persoalan logistik," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, dalam peluncuran program "Urban Logistics and Land Transportation Management Workshop for Leaders and Specialists in Indonesia", di Jakarta, Kamis (4/8).

 

Program tersebut, merupakan hasil kerja sama Kemenko Perekonomian, The Logistic Institute-Asia Pacific National University of Singapore, Asosiasi Logistik Indonesia, dan Temasek Foundation, yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan pengetahuan pejabat tingkat menengah atau senior di kalangan pemerintah pusat dan daerah, BUMN/BUMD, dan peneliti.

 

Program kerja sama tersebut, akan berlangsung selama 30 bulan sejak April 2016 sebagai wujud pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional.

 

Dalam paparannya, Darmin mengatakan, logistik perkotaan yang efisien berdampak pada peningkatan kualitas kegiatan perdagangan dan perekonomian.

 

Logistik perkotaan sendiri terkait dengan bagaimana memantau efektivitas pergerakan orang, barang, dan informasi, dengan tujuan peningkatan kualitas hidup.

 

Darmin menilai, logistik perkotaan menjadi masalah yang belum tertangani dengan baik.

 

"Masalahnya antara lain kemacetan dan ketidakteraturan lalu lintas yang menimbulkan beban biaya, keterbatasan lahan, dan konsumsi bahan bakar yang menimbulkan polusi," kata dia.

 

Darmin berharap, lokakarya ini mampu merancang minat banyak pihak mengenai logistik perkotaan, dan bisa menjadi cikal bakal mendorong lahirnya bidang studi mengenai logistik yang belum terlalu berkembang di Indonesia.

 

Selain itu, Ketua Temasek Foundation Goh Geok Khim berharap program lokakarya mengenai logistik dapat mengidentifikasi aspek-aspek, yang berguna mendukung peningkatan kemampuan logistik perkotaan di Indonesia.

 

"Sekaligus pembelajaran untuk implementasi pada kebijakan sistem transportasi perkotaan di Indonesia. Pembangunan kapabilitas melalui program ini, perlu komitmen untuk kemudian diaplikasikan kepada masyarakat," kata dia. (ant/tat)

 

Sumber:

http://skalanews.com/detail/ekonomi-bisnis/keuangan/268045-Kemenko-Perekonomian-Luncurkan-Program-Lokakarya-Logistik-Perkotaan

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved