News Detail
Lelang Patimban Digelar Pertengahan 2017

Hadijah Alaydrus & Hendra Wibawa, Bisnis Indonesia, Selasa 22 November 2016

JAKARTA – Kementerian Perhubungan akan menggelar lelang terbatas melaui beauty contest operator Pelabuhan Patimban, Jawa Barat setelah pinjaman dari Pemerintah Jepang cair pada pertengahan 2017.

 

Direktur Kepelabuhan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Mauritz H.M. Sibarani mengatakan pencairan pinjaman US$ 1,7 miliar akan dilakukan Maret atau April 2017.

 

“Lelang sesudah pencairan loan saja,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (21/11).

 

Dia menuturkan pihaknya masih menunggu penyelesaian analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) yang ditargetkan selesai awal tahun depan. Adapun izin Amdal itu disusun bersama dengan pihak Japan International Cooperation Agency (JICA).

 

Terkait izin pembangunan Pelabuhan Patimban, dia menegaskan Kemenhub masih menunggu revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang hingga kini belum ditetapkan pemerintah daerah.

 

“Mungkin menunggu proyek lain, tidak hanya Patimban,” paparnya.

 

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub A. Tonny Budiono menyatakan pemerintah akan mempercepat penetapan RTRW dengan menerapkan terborosan karena proyek Patimban merupakan proyek strategis nasional.

 

“Nanti RTRW nasional, provinsi, kabupaten dibuat parallel. Untuk mempercepat, kalau tidak bisa panjang prosesnya,” tegasnya.

 

Bila dalam proses beauty contest peminatnya tidak ada, dia mengatakan pemerintah dapat melakukan penunjukan langsung setelah pinjaman cair. Seperti diketahui, prasyarat utama calon operator Pelabuhan Patimban adalah pemegang izin badan usaha pelabuhan (BUP) nasional yang akan bekerja sama dengan pihak Jepang.

 

PERAN NASIONAL

Sementara itu, Deputi Infrastruktur Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman Ridwan Djamaluddin menyatakan pihaknya bakal memperbanyak pelibatan lokal dan proyek infrastruktur yang dibiayai pinjaman asing.

 

Menurutnya, proyek Pelabuhan Patimban dan revitalisasi jalur kereta api Jakarta-Surabaya yang akan dibiayai Pemerintah Jepang masuk dalam kebijakan peningkatan kandungan lokal.

 

“Pelabuhan Patimban dan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya dikerjakan Jepang tapi kita harus terlibat sejak awal sejak studi kelayakan,” katanya.

 

Ridwan menegaskan pelibatan lokal dalam proyek infrastruktur yang dibiayai investasi asing bertujuan memberikan dampak berantai kepada peningkatan SDM, “Kita memang butuh inventasi  asing tapi kita tidak boleh ketinggalan,” tegasnya.

 

Untuk proyek KA semi cepat atau medium speed Jakarta-Surabaya, dia menugaskan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mendampingi Pemerintah Indonesia dalam proses negosiasi dengan tim Jepang pada Desember 2016.

 

Ridwan menyatakan pelibatan BPPT bertujuan meningkatkan peran nasional dalam proyek yang dibiayai investasi asing.

 

Sebelumnya, pemerintah menilai tawaran yang diberikan oleh Pemerintah Jepang terkait proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya menjadi salah satu pilihan yang menarik. Oleh karena itu, delegasi Indonesia akan melakukan pertemuan finalisasi pada 21 Desember 2016, khususnya menyangkut kandungan lokal.

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya masih mempersiapkan proyek KA semi cepat karena pada 21 Desember akan ada pertemuan di Jepang untuk melakukan finalisasi proyek.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved