News Detail
Asosiasi akui pembatasan angkutan barang bikin biaya logistik naik

Saugy Riyandi - Merdeka.com

Merdeka.com - Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) masih keberatan atas pembatasan angkutan barang jelang Natal dan Tahun Baru 2017. Para pelaku usaha logistik pun meminta pemerintah mempertimbangkan adanya pembatasan operasional angkutan barang jelang Natal dan Tahun Baru 2017.

 

"ALFI masih menilai adanya pertimbangan tidak ada pelarangan karena di pelabuhan itu juga (operasinya) tidak berhenti," ujar Sekretaris Umum ALFI Jawa Barat Trismawan seperti dilansir Antara, Senin (5/12).

 

Menurutnya, apabila pengoperasian angkutan barang terhenti akan ada biaya tambahan karena mengalihkan jalan ke arteri memakan lebih banyak waktu tempuh. "Jadi ada 'overcost' (biaya tambahan), ke jalan arteri tidak mengakomodasi dan kita khawatirkan ada kenaikan harga barang usai Natal," tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan mengapresiasi keputusan pemerintah. Dia menilai pembatasan angkutan barang lebih longgar dari tahun lalu.

 

Selain itu, lanjutnya, keputusan lamanya hari pembatasan juga sebelumnya telah didiskusikan dengan pelaku usaha yang diwakili oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). "Pertama-tama, kita apresiasi karena telah melibatkan kami dalam keputusan. Jadi 23-26 Desember itu tidak dizinkan masuk tol saja, tapi jalan arteri masih boleh dan pelabuhan jalan terus," jelasnya.

 

Namun, Gemilang juga mengusulkan kepada pemerintah agar jangan hanya truk yang dibatasi, tetapi juga angkutan pribadi yang memasuki tol saat musim ramai."Sementara kita bisa terima, tapi kemudian hari kita minta jangan truk saja yang dibatasi, angkutan pribadi juga. Kita usul ganjil dan genap, tapi belum bisa," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan bakal memberlakukan Pengendalian dan Pembatasan Angkutan Barang selama Libur Panjang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Pembatasan pengoperasian kendaraan barang mulai tanggal 23 Desember 2016 pukul 00.00 WIB sampai dengan 26 Desember 2016 pukul 24.00 WIB.

 

"Ruas jalan yang dilakukan pembatasan pengoperasian kendaraan barang pun hanya di 5 ruas jalan," ujar Direktur Jenderal Perhubungan, Pudji Hartanto di Kantor Kementerian Perhubungan,Jakarta, Senin (5/12).

 

Sumber: https://www.merdeka.com/uang/asosiasi-akui-pembatasan-angkutan-barang-bikin-biaya-logistik-naik.html


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved