News Detail
Menhub Ingin Jadikan Pelabuhan di Makassar Sebagai Hub di Timur Indonesia

Nathania Riris Michico - Detik.com

Jakarta - Dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi, menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai bahwa Makassar berpotensi sebagai pelabuhan utama yang melayani kegiatan dan alih muatan angkutan laut dalam jumlah besar. Dia berencana menjadikan Makassar yang dulu dikenal dengan Ujung Pandang itu sebagai hub di timur Indonesia.

"Kita ingin Ujung Pandang menjadi pusat Indonesia bagian timur, menjadi hub bagian timur," kata Menhub di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (19/12/2016).

Nantinya, hub itu akan dipusatkan di proyek pelabuhan terintegrasi New Port Makassar yang masih dalam tahap pembangunan. Makassar New Port ini akan terintegrasi langsung dengan pelabuhan, bandara dan jalan tol di Sulawesi.

"Kita akan atur supaya New Port Makassar memiliki volume yang banyak karena disini kita mengkonsolidasikan banyak pelabuhan di Indonesia timur. Semua yang ke Indonesia timur pasti ke Makassar," ujarnya.

Dia juga meminta agar Syahbandar, KSOP dan Pelindo bisa berkoordinasi serta bekerja sama dengan baik untuk membangun Makassar, melihat pembangunan infrastruktur di kota-kota lain yang semakin pesat.

"Di pelabuhan kan sekarang ada tiga tempat, KSOP, Syahbandar dan Pelindo. Dulu sendiri-sendiri jadi orang kalau mau urus harus ketiga tempat itu nah sekarang harus satu tempat. Semua harus kompak, tidak ada lagi mempersulit orang lain, semua harus sama-sama membuat fasilitas pelabuhan ini makin baik buat masyarakat," bebernya.

Di tengah era yang makin maju, dia ingin agar masing-masing daerah bisa meng-improve diri agar semakin kompetitif. Dia juga sempat memuji waktu tunggu bongkar muat barang (dwelling time) di Pelabuhan Makassar yang sudah sesuai target.

"Saya lihat disini juga dwelling time sudah bagus. Tapi saya ingin lihat lagi apakah barangnya yang keluar itu sesuai dengan dwelling time itu, jangan-jangan setelah dwelling time masih ada waktu lagi," tutupnya. 
(nth/rvk)

 

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3375474/menhub-ingin-jadikan-pelabuhan-di-makassar-sebagai-hub-di-timur-indonesia


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved