News Detail
Salah Sasaran, Perbaikan Dwelling Time tak Otomatis Tekan Biaya Logistik

Halimatus Sa'diyah, Republika.co.id, Kamis 9 Februari 2017

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Masita menilai upaya pemerintah menekan waktu inap barang (dwelling time) di pelabuhan salah sasaran. Sebab, menurutnya, turunnya dwelling time tidak otomatis menurunkan biaya logistik.

 

"Pemerintah itu kadang-kadang salah sasaran. Dwelling time hanya bagian kecil dari logistik. Kalau dwelling time bisa turun di bawah dua hari, bukan berarti biaya logistik kita langsung ikut turun," ujar Zaldy, dalam sebuah forum diskusi di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (8/2).

 

Ia menyarankan agar pemerintah fokus menurunkan dwelling time hanya untuk jalur prioriotas dan jalur hijau. Sebab, di kedua jalur tersebut rata-rata digunakan untuk bahan baku industri. Adapun jalur kuning dan jalur merah berisi barang-barang konsumsi dan barang mewah yang memang membutuhkan pemeriksaan lebih hati-hati oleh petugas bea cukai.

 

Jika pemerintah fokus pada jalur prioritas dan hijau, Zaldy meyakini dwelling time yang saat ini rata-rata 2,8 hari dapat turun menjadi di bawah dua hari. Namun, apabila pemerintah mempercepat akses untuk semua jalur, Zaldy khawatir hal itu justru akan menjadi boomerang bagi Indonesia. "Kalau terlalu maksa, impor kita malah bisa banyak. Jangan sampai kita salah menekan," kata dia.

 

Untuk menekan harga barang, Zaldy juga menyarankan agar pemerintah melakukan investasi di teknologi logistik dan supply chain. Teknologi tersebut, kata dia, bisa diterapkan di transportasi, pergudangan sampai pengemasan barang. 

 

Sumber:

http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/17/02/08/ol26wx415-salah-sasaran-perbaikan-dwelling-time-tak-otomatis-tekan-biaya-logistik

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved