News Detail
Pemda Diminta Lebih Aktif

Abdul Rahman, Bisnis Indonesia, Kamis 16 Februari 2017

JAKARTA – Pelaku usaha berharap pemerintah bisa menjembatani integrasi antara sistem logistik nasional dengan sistem logistik daerah.

 

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan basis ekonomi dari daerah sangat penting sehingga pemahaman pemerintah daerah terkait logistik sangat diperlukan.

 

“Arus mata rantai pasok di daerah sangat penting. Apa lagi kalau kita bicara ekonomi kerakyatan,” katanya kepada Bisnis di Jakarta, Rabu (15/2).

 

Oleh karena itu, Yukki menyatakan pelaksanaan sistem logistik daerah (Sislogda) merupakan jalan keluar jika ingin memperkuat basis perdagangan dari desa ke kapubaten kota dan provinsi.

 

Terkait dengan kendala yang dialami pelaku usaha di daerah, Yukki  memaparkan selama ini pelaku usaha kesulitan karena tidak semua pemerintah daerah paham persoalan supply chain.

 

Selain itu, dia menilai infrastruktur logistik di daerah juga masih belum memadai hal tersebut ditambah dengan mata rantai pasok yang panjang sehingga tidak efisien.

 

Sebelumnya, Wakil Ketua bidang Distribusi dan Logistik Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman mengatakan tidak ada sinkronisasi pusat dengan daerah dalam hal sistem logistik.

 

“Kalau kita bicara mengacu Sislognas, tetapi implementasi di daerah dengan nama Sislogda itu tidak pernah ada,” katanya.

 

Menurutnya, beleid yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Pepres) No. 26/2012 tentang Cetak Biru Sislognas itu seharusnya juga disosialisasikan kepada seluruh pemerintah daerah.

 

Sebagai pelaku usaha, Kyatmaja mengaku bingung ketika hendak melalukan ekspansi jasa logistic beberapa kepala daerah masih belum memiliki pemahaman soal logistik/

 

Selain itu, sistem transportasi nasional harus terintegrasi dengan sistem transportasi daerah. Sistem itu juga harus memiliki peta jalur logistik dan angkutan barang dan bukan hanya penumpang.

 

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo belum memberikan respons atas pertanyaan Bisnis mengenai peran pemda dalam pelaksanaan Sislognas di daerah.


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved