Publication Detail
[Majalah Resmi ALI] Supply Chain and Logistics Review, Edisi ke XIV Mei 2017

ALI Secretariat

Yth, Rekan-Rekan ALI

 

Yang Abadi Adalah Teknologi

 

Informasi tak bisa dibendung, begitu pula teknologi. Kisruh antara penyedia jasa transportasi konvensional dengan aplikasi ride-sharing membuktikan bahwa kemajuan teknologi tidak bisa dihindari. Setelah ‘perang’ berbulan-bulan, pada akhirnya pelaku bisnis konvensional menyerah. Blue-Bird kini mesra dengan Go-Jek group, begitu pula Express Taxi merangkul Uber. Begitu pula ojek pangkalan yang perlahan mulai menerima kenyataan.

 

Kata kuncinya adalah konsumen. Sekuat apapun cara-cara lama dipertahankan, revolusi teknologi yang memanjakan konsumen akan menuntut perubahan. Hal ini juga berlaku untuk industri rantai pasokan dan logistik. Supply Chain 4.0, yang merupakan turunan dari resolusi industri rantai pasokan (supply chain) tahap keempat kini menuntut semua pihak yang terlibat menjadi lebih independen.

 

McKinsey menyoroti empat inovasi dalam Supply Chain 4.0, yaitu penggunaan Internet of Things, robot-robot canggih, analisis dan data besar. Kesemuanya akan menunjang performa bisnis dan pada gilirannya memuaskan pelanggan. Siapkan pelaku industri rantai pasokan di Indoneisa menjalankannya?

 

Beberapa pelaku mengakui faedah Supply Chain 4.0, namun untuk menerapkannya itu soal yang lain. Selain biaya dan budaya, dibutuhkan rekanan yang kompeten di bidang ini. Sementara di sisi lain, digitalisasi dan robotisasi bukannya tidak memiliki efek samping, kisruh dalam bidang transportasi sudah menunjukkannya.

 

Disinilah peran pemerintah sebagai penengah. Perlu siasat jitu agar revolusi teknologi bisa turut serta menekan biaya logistik yang tak kunjung turun. Bahkan, Menteri Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan baru baru ini mengeluh, bahwa pemangkasan waktu bongkar muat tak juga mampu menurunkan biaya. Mungkin disinilah perlunya teknologi diberdayakan, dan disisi lain mulai mencari cara menekan efek tren ini bila sudah tak terbendung lagi.

 

Selengkapnya, rekan-rekan silahkan download secara gratis, Majalah Resmi ALI Edisi XIV Bulan Mei 2017, bagi yang belum mendaftar/berlangganan Majalah ALI silahkan terlebih dahulu mengisi form yang telah kami sediakan pada link :

 

https://goo.gl/DnnSU5

 

Untuk yang sudah mengisi form / berlangganan Majalah ALI setiap edisi akan terkirim secara otomatis dalam waktu 1-2 hari setalah tanggal rilis edisi terbaru Majalah ALI, bagi rekan-rekan yang belum memiliki atau ingin mendowload edisi-edisi Majalah ALI sebelumnya silahkan diakses pada link di bawah ini :

 

http://www.ali.web.id/web2/publication_detail.php?id=973

 

Untuk peliputan dan iklan dapat menghubungi alamat redaksi dan marketing. Kami juga menerima artikel rekan-rekan seputar dunia Supply Chain dan Logistics untuk dipublikasikan di majalah.

 

 

 

 

 

--

 

Salam Hormat,

 

 

Aang Wiguna

 

Asosiasi Logistik Indonesia

Gedung 1 Lt. 7 Kementerian Perdagangan RI

Jl. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat 10110

Ph./Fax. 021 - 386 3936

Hp. 0857 2222 2996

      0818 626 872

Email. aangwiguna.ali@gmail.com

Website. www.ali.web.id

 


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved