Publication Detail
[ALI] [ Majalah Resmi ALI] Supply Chain and Logistics Review, Edisi ke VIII Agustus 2016

ALI Secretariat

Yth, Rekan-Rekan ALI,

 

Bank Dunia baru saja merilis angka LPI 2016 di mana selama dua tahun ini peringkat Indonesia turun hingga 10 peringkat. Ini tentu mengecewakan mengingat, Indonesia tengah giat-giatnya menambal berbagai lubang penghambat alur pasokan barang dan bisnis logistik. Dari lima penilaian utama, tiga paramater yakni infrastruktur, proses bea cukai, dan kompetensi logistik melorot dibandingkan 2014.

 

 

Ini pukulan telak bagi Pemerintahan Jokowi yang mengagungkan infrastruktur, karena anggaran telah dipompa hingga dua kali lipat dari tahun 2014. Nilanya menggelembung jadi Rp. 317 triliun di 2016 dan tahun depan direncanakan Rp346 triliun. Apa yang salah? Mengapa usaha itu belum juga membuahkan hasil?

 

 

Membangun infrastruktur dasar memang mahal dan butuh waktu, sehingga alasan Bank Dunia tampaknya tidak mengada-ada. Namun, bila melihat dua parameter lain yang memburuk, bea cukai dan kompetensi logistik kabar itu cukup mengejutkan karena kedua parameter sebetulnya lebih mudah dan cepat ditangani serta lebih berbiaya murah.

 

 

Terpuruknya indikator bea cukai membuktikan bahwa upaya-upaya seperti mempercepat proses dwell time di pelabuhan belum membuahkan hasil. Ini pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan. Perlu upaya komperhensif bukan adhoc seperti dilakukan belakangan ini, karena hambatan birokrasi dan koordinasi telah menjadi masalah klasik di negeri ini.

 

 

Terkait kompetensi logistik pemerintah sudah seharusnya memberi perhatian khusus bagi pengembangan sumber daya manusia. Minimnya SDM berkualitas tentu harus dibenahi dengan gerakan besar-besaran mendorong sektor pendidikan untuk menciptakan lulusan-lulusan yang kompetitif. Pada titik inilah pemerintah perlu merangkul pelaku usaha dan profesional-profesional di bidang supply chain dan logistik.

 

 

Asosiasi Logistik Indonesia memiliki keperdulian tersebut, tinggal bagaimana semua pihak bergandeng tangan menciptakan SDM-SDM unggul logistik. Jangan sampai ketika batas antar negara mulai hilang oleh integrasi ekonomi kawasan, kita hanya menjadi penonton di negeri sendiri. Selengkapnya, rekan-rekan silahkan download secara gratis, Majalah Resmi ALI Edisi VIII Bulan Agustus 2016, dengan terlebih dahulu mengisi form yang telah kami sediakan pada link :

 

 

http://goo.gl/V4UFxr

 

 

 

Untuk peliputan dan iklan dapat menghubungi alamat redaksi dan marketing. Kami juga menerima artikel rekan-rekan seputar dunia Supply Chain dan Logistics untuk dipublikasikan di majalah.

 

 

Atas perhatian dari rekan-rekan ALI kami ucapkan terima kasih.

 

--

 

Salam Hormat,

 

 

Aang Wiguna

 

Asosiasi Logistik Indonesia

Gedung 1 Lt. 7 Kementerian Perdagangan RI

Jl. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat 10110

Ph./Fax. 021 - 386 3936

Hp. 0857 2222 2996

      0818 626 872

Email. aangwiguna.ali@gmail.com

Website. www.ali.web.id

 


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved