Publication Detail
[Majalah Resmi ALI] Supply Chain and Logistics Review, Edisi ke XI Januari 2017

ALI Secretariat

Yth, Rekan - Rekan ALI,

 

Resolusi 2017 Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf kalla telah banyak melakukan gebrakan dalam dua tahun kepemimpinannya. Di bidang logistik dan supply chain ada program unggulan seperti Pusat Logistik Berikat (PLB), tol laut, disamping pembangunan pelabuhan, bandara, jalan dan rel kereta api yang masif. Ini belum termasuk deregulasi dan debirokratisasi.

 

Gebrakan tersebut patut diapresiasi, meskipun masih banyak yang meleset dari target, sebut saja tol laut, penerapan paket-paket deregulasi dan pembangunan infrastruktur yang memang membutuhkan waktu.

 

Tahun 2016 memberi pelajaran bahwa penyakit pemerintah masih saja sama, yaitu sulitnya berkoordinasi antar instansi. Bahkan pada rezim ini, belum lama, masyarakat sering dipertontonkan “perang mulut” antar menteri di media massa. Ketegangan antar birokrasi memang sudah mereda sejak reshuffle jilid II, namun kebuntuan koordinasi masih sangat memerlukan solusi, sehingga tidak salah ini perlu menjadi resolusi tahun ini.

 

Pekerjaan rumah bidang logistik masih banyak, salah satunya adalah Indeks Logistik Global atau Logistics Performance Index (LPI) Indonesia yang tahun lalu melorot ke peringkat ke-63 dari 160 negara. Belum lagi itu terpecahkan, kemenangan taipan properti Donald Trump di pemilu Amerika Serikat pada November lalu memunculkan kekhawatiran baru akan munculnya perang dagang akibat rencana proteksi perdagangan Negari Paman Sam.

 

Fokus pada perekonomian domestik bisa menjadi pilihan utama tahun ini. Namun begitu, pemerintah sebagai wasit perlu lebih adil dalam mengatur permainan antara “anak sendiri” atau BUMN dengan pihak swasta. Ini karena belakangan, atas nama efisiensi pemerintah kerap kali memosisikan swasta sebagai “anak tiri” khususnya di bidang logistik, sehingga gebrakan ekonomi yang dilakukan Jokowi kurang berarti. Semoga semua ini menjadi resolusi yang terpecahkan tahun 2017 ini.

 

Selengkapnya, rekan-rekan silahkan download secara gratis, Majalah Resmi ALI Edisi XI Bulan Januari 2017, dengan terlebih dahulu mengisi form yang telah kami sediakan pada link :

 

https://goo.gl/FzmYl5

 

Untuk peliputan dan iklan dapat menghubungi alamat redaksi dan marketing. Kami juga menerima artikel rekan-rekan seputar dunia Supply Chain dan Logistics untuk dipublikasikan di majalah.

 

Atas perhatian dari rekan-rekan ALI kami ucapkan terima kasih.

--

 

Salam Hormat,

 

 

Aang Wiguna

 

Asosiasi Logistik Indonesia

Gedung 1 Lt. 7 Kementerian Perdagangan RI

Jl. M.I. Ridwan Rais No.5 Jakarta Pusat 10110

Ph./Fax. 021 - 386 3936

Hp. 0857 2222 2996

      0818 626 872

Email. aangwiguna.ali@gmail.com

Website. www.ali.web.id


Back to List

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved