News Detail
Pelarangan Truk Dirilis Akhir Bulan Ini

Yudi Supriyanto, Bisnis Indonesia, Senin 13 November 2017

JAKARTA – Kementerian Perhubungan akan meliris regulasi pembatasan angkutan barang selama libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 pada akhir bulan ini.

 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pemberlakuan pembatasan operasional angkutan barang menyasar truk dengan sumbu tiga atau lebih akan mencegah kepadatang jalan selama libur panjang.

 

Menurutnya, pihaknya telah memiliki rumusan kebijakan pembatasan operasional truk pada masa angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Namun, Budi menambahkan rumusan kebijakan itu akan dibahas terlebih dahulu dengan pemangku kepentingan di angkutan jalan seperti Korps Lalu Lintas Polri.

 

“Sudah kita rumuskan kebijakannya, akan saya bicarakan dengan semua stakeholders termasuk Korlantas Polri. Saya harapkan minggu terakhir bulan ini saya sampaikan kepada masyarakat, termasuk regulasinya,” katanya di Jakarta, Sabtu (11/11).

 

Dia menjelaskan pembatasan operasional angkutan barang selama Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 kemungkinan tidak sepanjang sebelumnya.

 

Oleh karena itu, Budi berharap kebijakan yang akan diterbitkan bisa memperlancar perjalanan libur masyarakat selama Natal dan Tahun Baru sekaligus tidak mengganggu perekonomian nasional.

 

“Jadi, kita harapkan dengan adanya kebijakan ini dinamika masyarakat, dinamika yang lain berjalan. Artinya, ekonomi tidak terpengatuh, kemudian kita juga mungkin dalam kelancaran bisa terwadahi,” paparnya.

 

Sesuai pola yang ada, dia menjelaskan pembatasan operasional angkutan barang akan diterapkan pada 22-26 Desember 2017. Namun, dia menambahkan pembatasan yang diberlakukan pada rentang tersebut tidak panjang.

 

Pembatasan itu juga akan tergantng pada situasi di lapangan atau bersifat dinamis dengan beberapa pilihan pola pembatasan.

 

Menurutnya, salah satu pola pembatasan yang sedang dibahas adalah pembatasan pada jam-jam tertentu.

 

“Saya akan koordinasi intens dengan semua stakeholders seperti Korlantas Polri, Operator PT. Jasa Marga Tbk., Bina Marga berkaitan persiapan lahan, dan yang melaksanakan pembangunan, itu nanti kita akan ajak,” tuturnya.

 

Menurutnya, Kemenhub akan membatasai operasional angkutan barang di jalan tol seperti ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, jalan tol Cikampek-Bandung, dan jalan tol Cikampek-Brebes.

 

JALAN NASIONAL

Untuk jalan nasional, dia menyatakan pihaknya akan membatasi operasional truk dari Gilimanuk sampai dengan Denpasar, Bali karena pada saat liburan sekolah situasi di jalan nasional tersebut cukup padat.

 

Selain jalan nasional itu, Budi menyatakan truk tetap dapat boleh beroperasi di jalan nasional lainnya.

 

Dia menambahkan pihaknya akan membatasi operasional untuk angkutan barang dengan sumbu tiga atau lebih. Adapun operasional angkutan barang yang mengangkut barang ekonomi dapat tetap berjalan.

 

Menanggapi rencana pembatasan operasional tru. Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bidang Distribusi dan Logistik Kyatmaja Lookman berharap pembatasan itu sama seperti pada saat libur Iduladha.

 

Pada Iduladha, dia mengatakan pembatasan truk dilakukan pemerintah lebih selektif dan pada jam tertentu saja atau tidak dilarang penuh.

 

Dia mengingatkan para pelaku usaha mengejar target penjualan pada akhir tahun sehingga akan terjadi lonjakan kinerja angkutan barang.

 

“Ingat ya, ini akhir tahun. Waktunya mengejar sales. Lonjakan performa Cuma [terjadi] mau Lebaran dan November-Desember,” katanya.


Back to List

07 Jun 2018

Asosiasi Logistik: Kemenhub Plintat Plintut Soal Larangan Truk Melintas di Musim Mudik Lebaran

Sinar Putri S.Utami, Tribunnews.com, Rabu 6 Juni 2018

07 Jun 2018

Angkutan Barang Dilarang Melintas Akhir Pekan Ini

Febrian Fachri, Melisa Riska Putri, Repbulika.co.id, Rabu 6 Juni 2018

06 Jun 2018

ALI Keluhkan Mepetnya Pengumuman Larangan Truk

Melisa Riska Putri, Republika.co.id, Selasa 5 Juni 2018

30 May 2018

Atasi kemacetan NPCT-1 Priok Petugas Musti Lembur Tanpa Libur

Jaffry Prabu Prakoso, Bisnis.com, Rabu 30 Mei 2018

30 May 2018

Permintaan Jasa Logistik Diyakini Naik 40 persen

Prokal.co, Selasa 29 Mei 2018

30 May 2018

Bisnis Logistik Masih Hadapi Tantangan Berat

Jpnn.com, Selasa 29 Mei 2018

28 May 2018

Pusat Logistik Betikat E-Commerce: Pemerintah Berikan Kuota 2,5% untuk Pemain Lokal

Edi Suwiknyo, Bisnis.com, Minggu 27 Mei 2018

23 May 2018

Angkutan Logistik Kereta dan Kapal Laut Kurang Diminati

Eduardo Simorangkir, Detik.com, Selasa 22 Mei 2018

21 May 2018

Logistik: Indonesia Perlu Fokus Pisahkan Produk Non Halal

Jaffry Prabu Prakoso, Bisnis.com, Senin 21 Mei 2018

11 May 2018

Durasi Pembatasan Lebih Singkat

Dewi A. Zuhriyah, Bisnis Indonesia, Jumat 11 Mei 2018

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved