News Detail
Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

Jakarta - Kementerian Perhubungan mengembangkan sistem aplikasi terintegrasi yang disebut Sistem Single Submission Pengangkut (SSm Pengangkut). SSm ini diharapkan dapat menekan ongkos biaya logistik yang mahal.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Hendri Ginting mengatakan SSm Pengangkut saat ini telah diuji coba di 46 pelabuhan. Penerapan ini sejalan dengan terbitnya Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor 2 tahun 2024 tentang Penerapan Pelayanan Secara Penuh (Mandatory) Layanan/Single Submision (SSm Pengangkut) Satu Siklus dan Informasi Layanan Manifest Domestik.

Untuk memperkuat efektivitas layanan di pelabuhan, Hendri mengatakan pihaknya mengadakan kegiatan bimbingan teknis yang diikuti oleh seluruh petugas pelabuhan. Dia bilang kolaborasi antar stakeholder diharapkan dapat terus berkelanjutan demi memajukan sektor perhubungan laut Indonesia.

"Kementerian perhubungan berkomitmen untuk terus mendorong implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) dapat berjalan dengan baik di lapangan dan berkomitmen untuk bersinergi dengan para pemangku kepentingan di Pelabuhan agar pelaksanaan implementasi terus berkelanjutan," kata Hendri melalui keterangan tertulis, Rabu (6/3/2024).

Hendri menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menerapkan Nasional Logistik Ekosistem. Dia berharap implementasi aplikasi ini dapat menjadi langkah dalam meningkatkan efektivitas layanan di pelabuhan.

Sementara itu, Direktur Imigrasi dan Bea Cukai Rudi Rahmadi menyampaikan biaya logistik di Indonesia masih menjadi yang tertinggi di kawasan ASEAN, meskipun sempat terjadi penurunan biaya. Kolaborasi antar Kementerian/Lembaga terkait menjadi kunci dalam mencapai target penurunan biaya logistik hingga 8% pada tahun 2045.

Dalam hal ini, aplikasi SSm Pengangkut diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan, mulai dari efisiensi waktu hingga biaya logistik yang lebih murah. Dengan begitu, dapat mempermudah pelaku usaha.

"Mari bersama-sama lebih kolaboratif guna mewujudkan satu wajah Pemerintah, meminimalisasi duplikasi dan repetisi serta peningkatan akurasi data antar Kementerian/Lembaga. Di mana dapat memberikan kemudahan bagi pelaku usaha baik secara waktu maupun biaya," katanya.

 

Sumber:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7228129/jurus-kemenhub-tekan-ongkos-biaya-logistik-supaya-makin-murah.

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved