News Detail
Kenaikan Harga Minyak Dunia Pengaruhi Bisnis Logistik Kapal Migas

Arfyana Citra Rahayu, Kontan.co.id, Selasa 26 September 2023

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan harga minyak dunia yang saat ini sempat menembus US$ 90 per barrel cukup mempengaruhi operasional pengangkutan logistik minyak dan gas bumi.

Bila menilik sepekan terakhir, harga minyak west texas intermediate (WTI) dalam tren naik, ke kisaran US$ 90 per barel, meski sempat terkoreksi ke level US$ 89 per barel.

Direktur Utama PT Pertamina International Shipping, Yoki Firnandi menjelaskan, sejatinya harga minyak tidak selalu berkolerasi dengan harga sewa kapal untuk angkutan migas. Namun, pola permintaan dan pasokan (supply-demand) angkutan migas tentu cukup dipengaruhi oleh faktor geopolitik dunia.

“Dari sisi biaya transportasi memang naik karena bahan bakar minyak (BBM) naik. Menurut kami ini tidak pengaruh ke kinerja, sebab pada akhirnya ini jadi membebani pengguna akhir,” jelasnya ditemui di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, Selasa (26/9).

Namun, lanjut Yoki, potensi kenaikan ongkos transportasi untuk pelanggan akhir baik itu di internasional dan Indonesia bisa dikelola dengan efisiensi operasional.

Meski ada tantangan tersebut, di tahun ini PIS tetap berencana terus menambah jumlah armada kapal sejalan dengan pengembangan pasar. Investasi kapal ini ada yang sejalan dengan kontrak jangka panjang ada juga yang sengaja dibeli untuk kebutuhan bisnis ke depan.

Sampai dengan Agustus 2023, PIS sudah merealisasikan pembelian 5 armada kapal baru dan sampai akhir tahun akan ada tambahan 5 kapal lagi. Sehingga di sepanjang tahun ini, PIS menambah 10 kapal.

Ke depannya sejalan dengan target net zero emission (NZE) di 2060, PIS perlahan-lahan menggantikan kapal berbahan fosil dengan bahan bakar lebih bersih. Saat ini sudah ada beberapa kapal baru yang menggunakan dual fuel yakni campuran minyak dan gas (LNG).

“Pada tahap awal eksisting operasional kami untuk menurunkan emisi 2040, PIS akan menggunakan teknologi terkini untuk efisiensi dan memakai bahan bakar yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

 

Sumber:

https://industri.kontan.co.id/news/kenaikan-harga-minyak-dunia-pengaruhi-bisnis-logistik-kapal-migas


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved