News Detail
Ekosistem Logistik Bisa Mudahkan Gerak UMKM, Begini Caranya

Herdi Alif Al Hikam, Detik.com, Minggu 08 Oktober 2023

Jakarta - PT Lion Express atau yang dikenal juga dengan Lion Parcel memperkenalkan ekosistem logistik menyeluruh. Layanan ini dinilai dapat memudahkan pekerjaan bisnis UMKM.

Layanan komplit itu diberikan mulai dari jasa pengiriman, layanan fulfilment, hingga platform one click check out untuk mempermudah transaksi online bagi UMKM.

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto menjelaskan sebagai perusahaan logistik, Lion Parcel memiliki visi tumbuh bersama para UMKM melalui penyediaan solusi logistik yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

"Lion Parcel menghadirkan layanan logistik yang holistik secara end-to-end mulai dari bisnis utama kami sebagai penyedia jasa kirim, layanan sewa gudang atau fulfilment bernama LILO, hingga platform digital one click check out Diklik.id yang membantu UMKM mempermudah proses transaksi online. Ekosistem logistik ini merupakan komitmen Lion Parcel menjadi partner bagi pelaku usaha dalam mempermudah operasional dan mengembangkan bisnis mereka," ujar Kenny dalam keterangannya, Minggu (8/10/2023).

Layanan pengiriman Lion Parcel saat ini didukung oleh infrastruktur dan jaringan yang luas, dengan cakupan hingga 98% area di Indonesia dan 51 negara internasional.

Lion Parcel didukung oleh lebih dari 15.000 kurir antar, 3.000 armada, dan akses ke lebih dari 350 armada penerbangan Lion Group, Lion Parcel berkomitmen untuk dapat mendukung perluasan distribusi penjualan para seller dan UMKM tidak hanya secara domestik, namun juga internasional.

Di samping menyediakan jasa pengiriman sebagai core business perusahaan, Lion Parcel menghadirkan layanan fulfilment bernama LILO sebagai solusi bagi pelaku usaha termasuk UMKM yang membutuhkan fasilitas pergudangan.

Tidak hanya menyediakan area penyimpanan barang, LILO juga menawarkan layanan Warehouse Management System (WMS) dan Order Management System (OMS) untuk membantu pelaku usaha mengelola bisnisnya, mulai dari monitoring stok barang, memproses pesanan, sampai pengiriman kepada pelanggan.

Sejak diluncurkan pada 2022 lalu, LILO mendapat respon positif dari para pelaku usaha. Saat ini LILO telah mendukung perusahaan-perusahaan dari berbagai industri seperti fesyen, FMCG, beauty and skincare, dan lain-lain. Bagi para UMKM, LILO memberikan berbagai fasilitas seperti gratis pick up barang, monitoring pengiriman dan stok barang secara online, 24 jam customer service, tersedia sistem COD, serta jaminan asuransi.

Solusi logistik menyeluruh yang dihadirkan Lion Parcel juga merupakan realisasi komitmen perusahaan dalam memenuhi kebutuhan jasa pengiriman UMKM yang meningkat. Terbukti volume pengiriman Lion Parcel meningkat hingga 20% sepanjang semester 1/2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan kontribusi dari para pelaku usaha dan UMKM yang cukup signifikan.

 

Sumber:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6971279/ekosistem-logistik-bisa-mudahkan-gerak-umkm-begini-caranya

 

 

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved