News Detail
Angkut Logistik Menggunakan Kapal Lebih Ekonomis

Yanuar Riezqi Yovanda, Sindonews.com, Selasa 4 Juli 2017

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, penggunaan kapal untuk angkutan logistik lebih ekonomis dibanding menggunakan jalan raya. Sebab sparepart, ongkos jalan tol dan solar lebih irit, serta terhindar dari pungutan liar di jalan.

 

Budi juga berharap agar ukuran kapal Roro dan kecepatan kapal diatur dengan baik karena apabila kecepatannya di bawah 10 knot, tetap tidak akan kompetitif dengan jalur darat.

 

Dengan beroperasinya kapal Roro jarak jauh, pergerakan barang ke Pelabuhan Tanjung Priok menjadi meningkat. Sehingga, Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub internasional, akan banyak didatangi kapal besar.

 

"Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub internasional juga akan tumbuh, yang tadinya arus kontainernya mencapai 6 juta TeUs, dalam 2 atau 3 tahun ini dapat meningkat menjadi 12 juta TeUs," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

 

Menurutnya, sesuai berjalannya program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo diharapkan harga barang menjadi lebih murah di seluruh Tanah Air. Dengan laut, pemerataan ekonomi akan tercapai.

 

"Saya berdiskusi dengan teman-teman di Tual dan Saumlaki, mereka senang karena mempunyai opsi untuk berdagang dan mendapatkan barang dengan harga murah," tutur dia.

 

Budi mengakui masih terdapat kekurangan dalam program tol laut tersebut yaitu kosongnya kapal dari Indonesia bagian timur ke barat. Menurutnya, para pengusaha seharusnya bisa mengembangkan industri, misalnya ikan atau rumput laut sehingga kapal dari timur bisa terisi yang nantinya meningkatkan perekonomian di wilayah Indonesia timur.

 

"Dengan 13 rute tol laut yang sudah ada sekarang ini, kita akan dorong terus. Makanya kita juga bangun Rumah Kita untuk mengumpulkan dan  mendistribusikan secara bertahap barang-barang," katanya.

 

Sumber:

https://ekbis.sindonews.com/read/1217922/34/angkut-logistik-menggunakan-kapal-lebih-ekonomis-1499167456

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved