News Detail
Infrastruktur Jokowi Tak Banyak Membantu Pengusaha, Bea Logistik dan Transportasi Tetap Mahal

Iwan Purwantono, Inilah.com, Senin 18 Maret 2024

Gencarnya Presiden Jokowi membangun sarana dan prasarana infrastruktur, ternyata tak berbanding lurus dengan efisiensi biaya logistik dan transportasi. Kalangan pengusaha mengeluh masih mahal. Alhasil, usaha mereka menjadi 'litbang' alias sulit berkembang.

Tak sedang bercanda, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, pengusaha saat ini banyak yang mengeluhkan tingginya biaya transportasi dan logistik. Hal ini membuat produk mereka kurang memiliki daya saing. "Sebanyak 68,8 persen dari 2 ribu pengusaha menilai biaya transportasi dan logistik tinggi, ini menjadi tantangan infrastruktur," ujar Shinta, Jakarta, dikutip Senin (18/3/2024).

Dari survei terhadap 2.000 pengusaha, kata Shinta, sebanyak 42 persen mengaku mengalami stagnasi usaha. Sementara 72 persen pengusaha mengalami pertumbuhan penjualan kurang dari 5 persen alias lambat.

"Dari 2.000 perusahaan yang disurvei, kondisi saat ini, banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan. Kita lihat di sini, angkanya 72 persen mengatakan mengalami pertumbuhan penjualan lambat, kurang dari 5 persen. Lalu 42 persen mengalami stagnasi," kata Shinta.

Selain masalah transportasi dan logistik, kata Shinta, pengusaha mengeluhkan soal rendahnya nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS. Dan, masih tingginya suku bunga cukup memberatkan kaum pengusaha. "Lebih dari 50 persen ini, menyatakan kondisi nilai tukar, suku bunga masih tidak kompetitif dan menjadi beban. Mereka ini masih terkendala loh," jelas dia.

Dalam acara silaturahmi dengan penggiat infrastruktur dalam rangka Hari Bakti PU di Istana Negara, Jakarta, Senin (04/12/2023), Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah membangun beragam infrastruktur baik berupa konektivitas jalan hingga infrastruktur pelayanan masyarakat.

“Negara sebesar Indonesia dengan 17 ribu pulau semuanya membutuhkan yang namanya infrastruktur. Infrastruktur konektivitas berupa jalan, pelabuhan, airport, semuanya dibutuhkan. Infrastruktur dalam rangka penyediaan air dimulai dari bendungan, irigasi, dan juga infrastruktur yang berkaitan dengan pelayanan: rumah sakit, sekolah, pasar rakyat, semuanya juga dibangun oleh pemerintah, dikerjakan oleh PUPR,” jelas Jokowi.

Jokowi memandang penting pembangunan infrastruktur bagi negara sebesar Indonesia karena infrastruktur memiliki beragam fungsi dan manfaat, mulai dari efisiensi biaya logistik hingga sebagai pemersatu bangsa.

Dia meyakini, kehadiran infrastruktur dapat membuat biaya logistik lebih efisien sehingga akan turut meningkatkan daya saing Indonesia dalam berkompetisi dengan negara lain.

“Efisiensi biaya logistik ini sangat penting sehingga akan mempengaruhi daya saing investasi negara kita. Enggak akan mungkin investor datang kalau infrastruktur kita jelek. Mau ke sebuah pulau enggak bisa karena enggak ada airport, mau ke sebuah pulau enggak bisa karena enggak ada seaport, mau ke sebuah pulau enggak bisa karena enggak ada jalan,” jelasnya.

Selanjutnya, Jokowi menyebut, pembangunan infrastruktur dapat menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Selain itu, infrastruktur juga memiliki fungsi untuk konektivitas sosial dan budaya.

“Infrastruktur itu juga mempersatukan. Karena ada airport, orang Aceh bisa langsung terbang ke Papua, dari Papua terbang ke Jawa, dari Jawa bisa terbang ke Kalimantan dan Sulawesi. Fungsinya, sekali lagi, juga mempersatukan,” imbuhnya.

 

Sumber:

https://www.inilah.com/infrastruktur-jokowi-tak-banyak-membantu-pengusaha-bea-logistik-dan-transportasi-tetap-mahal

 


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved