News Detail
Momentum Nataru Bawa Angin Segar pada Sektor Ritel, Transportasi dan Perhotelan

Diki Mardiansyah, Kontan.co.id, Minggu 17 Desember 2023

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mementum Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan membawa akan segar bagi bisnis di sektor ritel, perhotelan, dan transportasi. Momentum ini akan dimanfaatkan bagi pelaku bisnis untuk meraup berkah dari Nataru.

Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan, Nataru biasanya akan mendongkrak penjualan meskipun tidak sebesar pada saat Lebaran.

"Gapmmi memperkirakan penjualan bisa meningkat sekitar 10%-15 % di atas rata-rata," kata Adhi saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (17/12).

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusran memproyeksikan tingkat hunian atau okupansi hotel di momentum liburan akhir tahun meningkat 20% dari reguler season, terutama dua minggu sebelum tahun baru.

"Peningkatan 20% ini tidak berlaku bagi hotel di seluruh Indonesia. Biasanya di Pulau Jawa, Bali, beberapa juga di Sumatra. Tapi belum semuanya akan meningkat, bergantung destinasi yang memiliki daya tarik bagi wisatawan," kata Yusran saat dihubungi Kontan.co.id, belum lama ini.

Yusran menuturkan, emiten hotel akan menyiapkan strategi untuk menyambut momentum libur akhir tahun, antara lain dari sisi akomodiasi akan selalu siap untuk berbagai kegiatan.

Kedua, pada momentum tertentu setiap hotel akan menyiapkan tema bernuansa khusus, misalnya momentum libur lebaran Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, dan lain sebagainya.

Ketiga, bagi hotel-hotel yang berada di destinasi favorit seperti di Pulau Jawa dan Bali, hotel tersebut akan menyiapkan berbagai hal untuk mempersiapkan terjadinya lonjakan tamu wisatawan daripada hari-hari biasanya.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto mengatakan, momen akhir tahun (year end) merupakan salah satu peak season yang ditunggu bagi industri jasa logistik.

"Ya karena dari produsen-produsen FMCG, fashion, elektronik, dan kebutuhan primer serta sekunder lainnya mencoba meraih pendapatan dari masyarakat yang mudik maupun bertamasya saat anak-anak sekolah libur," kata Mahendra saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (17/12).

"Sektor jasa transportasi darat dan udara terutama yang akan menikmati untuk keperluan transport e-commerce," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menuturkan, momen tahun baru menjadi peluang bagi perusahaan di sektor ritel dan sektor rekreasi termasuk transportasi perhotelan dan jasa makan minum.

Ia menjelaskan, beberapa bulan sebelumnya sudah mulai ada rekrutmen di sektor rekreasi untuk antisipasi kenaikan permintaan musiman Natal dan Tahun Baru. "Bisa dikatakan musim libur akhir tahun kembali lagi ke pola pra pandemi," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Minggu (17/12).

Ia menambahkan, sektor transportasi dan akomodasi makan minum diperkirakan tumbuh dobel digit atau di atas 10% year on year. Pengeluaran untuk rekreasi juga ditopang oleh diselenggarakannya berbagai event seperti konser musik yang masif di berbagai destinasi wisata.

"Momen Nataru bisa dorong pertumbuhan terjaga di level 5% pada 2023. Konsumsi rumah tangga masih jadi motor utama pertumbuhan dan diharapkan kelompok 20% teratas membelanjakan uangnya di dalam negeri saat liburan," pungkas Bhima.

 

Sumber:

https://industri.kontan.co.id/news/momentum-nataru-bawa-angin-segar-pada-sektor-ritel-transportasi-dan-perhotelan


Back to List

25 Mar 2024

KAI Logistik Perluas Jangkauan Pengiriman hingga ke Kalimantan

Sakina Rakhma Diah Setiawan, Kompas.com, Sabtu 23 Maret 2024

18 Mar 2024

Larangan Angkutan Logistik Saat Libur Hari Besar Keagamaan Munculkan Masalah Baru

Anto Kurniawan, Sindonews.com, Minggu 17 Maret 2024

18 Mar 2024

Kemendag Dorong Relaksasi Pembatasan Angkutan Logistik Saat Hari Raya

Mohamad Nur Asikin, Jawapos.com, Sabtu 16 Maret 2024

08 Mar 2024

Dirjen SDPPI: Hadirnya gudang pintar 5G pecut industri berinovasi

Fathur Rochman, Antaranews.com, Kamis 7 Maret 2024

07 Mar 2024

Jurus Kemenhub Tekan Ongkos Biaya Logistik Supaya Makin Murah

Retno Ayuningrum, Detik.com, Rabu 6 Maret 2024

07 Mar 2024

Transformasi Digital Pelabuhan Dorong Peningkatan Efisiensi Biaya Logistik

Antara, Republika.co.id, Rabu 6 Maret 2024

Copyright © 2015 Asosiasi Logistik Indonesia. All Rights Reserved